Cara menginstal Custom Rom melalui CWM

Welcome back my Blog ◎

Setelah pada artikel sebelumnya membahas tentang dasar dasar dari android seperti custom rom dan root, nah pada kali ini saya akan membahas tentang Cara menginstal Custom Rom melalui CWM.

Sebenarnya cara menginstal ROM itu banyak, tetapi saya cuma mengetahui 2 (dua) yaitu lewat CWM & TWRP. Cara menginstall Custom rom yang sudah banyak dilakukan oleh opreker biasanya menggunakan CWM (Clock Work Mod) recovery & TWRP (Team Win Recovery Project), keduanya hampir sama yaitu recovery buatan manusia  yang biasa digunakan untuk memodifikasi pada perangkat android. 


Fungsi atau kegunaan dari Custom Rom itu sendiri kita bisa memiliki tampilan UI yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan kita. Akan Tetapi jika sobat memiliki ponsel Android dan ingin merubah tampilan dari android tersebut, tentu saja bisa karena di jaman sekarang sudah banyak sekali user Android yang berkarya untuk membuat tampilan Android jauh lebih menarik dari sebelumnya. Dan Opreker sering menyebutnya “Custom ROM”.

Custom ROM hanya bisa digunakan pada Android yang sudah melakukan Rooting, dan terlebih dahulu sudah menginstall Recovery sejenis CWM ataupun TWRP karena tanpa recovery itu tidak akan berjalan dengan mudah untuk melakukan instalasi Custom Rom


Nah untuk artikel kali ini saya hanya akan membahas tentang cara menginstal Custom Rom melalui CWM untuk TWRP mungkin next artikel. 

Berikut ini cara menginstal Custom Rom dengan melalui CWM : 

1. Pertama dan yang paling utama silahkan download Custom ROM (berformat ZIP) sesuai dengan tipe Hp sobat, setelah itu pindahkan file tersebut pada SD Card dan di simpan di luar folder atau tanpa folder.

2. Setelah itu jangan lupa lakukan backup terlebih dahulu menggunakan CWM supaya ketika terjadi kesalahan bisa dikembalikan ke ROM aslinya, hal ini untuk meminimalisir kejadian.

3. Kemudian matikan Handphone, lalu masuk ke Recovery mode (tentunya saja yang sudah dipasang CWM terlebih dahulu, *jangan menggunakan Recovery bawaan). Cara untuk masuk ke menu CWM pun berbeda-beda setiap tipe Handphone, tergantung dari developer yang membuat CWM tersebut. 

 

◎ Ada yang dilakukan dengan menekan tombol back terus menerus

 ◎ Ada juga dengan menekan tombol power atas / bawah sambil menekan power  secara bersamaan biasanya ini digunakan oleh smartphone samsung.

 ◎ Dan ada juga yang melakukan dengan cara menyentuh layar saja .


4. Setelah melakukan cara di atas silahkan menuju CWM Recovery dan lakukan Wipe Data/Factory reset, Wipe Cache, dan Wipe dalvik-cache terlebih dahulu. Jika sudah dilakukan pilih pada menu Install zipfrom sdcard. Setelah itu akan ada menu lagi dan tingal pilih lagi menu Choose zipfrom sdcard.


5. Sekarang sobat berada di directory awal SD Card, silahkan cari Custom ROM berformat ZIP yang tadi sobat sudah download terlebih dahulu. Jika sudah ada silahkan pilih file ZIP itu, kemudian akan muncul menu lagi dan pilih YES


6. Tunggu hingga proses selesai, biasanya memakan waktu sebentar sekitar 5 sampai 10 menit. Setelah statusnya complete, Reboot Perangkat Android sobat, Maka Android sobat pun sudah berganti Operasi system menjadi Custom Rom yang sudah dimodifikasi oleh developer.

Booting pertama biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, tapi jika terlalu lama mungkin hp sobat mengalami bootloop. Hal ini bisa terjadi karena Custom rom yang tidak cocok dengan smartphone sobat ataupun Custom rom yang bukan untuk perangkat tersebut. Jika sudah terlanjur seperti itu, jangan terlalu khawatir karena smartphone masih bisa diperbaiki dengan cara merestore ke kondisi ketika dibackup (Itulah Fungsinya Backup).

Untuk  merestore, caranya hampir sama ketika kita membackup :

● Buka menu CWM recovery

● Pilih menu Backup dan restore

● Pilih restore

● Cari file Backup'n, biasanya terdapat pada folder Clockworkmod Tunggu hingga proses restore selesai

● Reboot perangkat anda.


Bagaimana cukup mudahkan cara menginstal Custom Rom melalui CWM. Hanya perlu tindakan nyata dan smartphone :v

Mungkin cukup sekian mudah mudahan bermanfaat

0 Response to "Cara menginstal Custom Rom melalui CWM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel